Tips Untuk Puasa Yang Sehat Selama Ramadhan

Tips Untuk Puasa Yang Sehat Selama Ramadhan

Icon March 13, 2018
Icon By admin
Icon 0 comments

Selama bulan Suci Ramadhan, sangat dianjurkan untuk memberikan nutrisi dan vitamin ke tubuh kita dengan group makanan yang beraneka ragam agar makanan yang kita makan seimbang untuk menghindari permasalahan seperti sakit kepala, tekanan darah yang rendah dan kelesuan.

Apa yang harus dilakukan…..

LAKUKAN ketika mulai sahur dengan makanan yang “ringan” : makan bubur gandum, atau sereal atau roti. Jenis makanan ini bagus sebagai sumber karbohidrat komplex, yang berarti bagus sebagai sumber energi dan menyediakan beberapa protein, mineral dan sumber serat.

 

LAKUKAN berbuka puasa dengan tiga buah kurma. Berdasarkan sunnah Nabi, makan kurma adalah cara terbik untuk memulai berbuka puasa. Kurma adalah sumber makanan yang sempurna karena mengandung serat, gula, magnesium, potasium. Karbohidrat yang terdapat dibuah kurma juga dapat membuat perut kenyang.

 

LAKUKAN Segarkan kembali tubuh kita dengan air putih dan juice. Selama bulan Ramadhan, sangat dianjurkan untuk memberikan kepada tubuh kita air putih sebanyak 1.2 liter sebagaimana rekomendasi dari Departemen Kesehatan. Air juga dapat menghindari gejala seperti sakit kepala, kehilangan energi dan mual.

 

 

Apa yang harus dihindari……

HINDARI makanan yang seharian penuh Anda makan ketika hari biasa dan Anda makan tersebut dalam sekali sahur. Tubuh mempunyai mekanisme reguler yang aktif selama berpuasa. Makanlah makanan yang mempunyai ketahanan yang lebih lama ketika sahur untuk memastikan tubuh kita mempunyai energi yang cukup selama berpuasa.

 

HINDARI minuman yang manis. Banyak minuman soft drinks mempunyai gula yang sangat tinggi serta kalori dan dapat membuat berat badan kita menjadi naik. Sangat direkomendasikan untuk mengecek label nutrisi. Dan jika rasa air terlalu datar untuk anak kecil, dianjurkan untuk memberikan aroma ke dalam air tersebut seperti aroma lemon, lime atau jeruk.

 

HINDARI terkena langsung sinar matahari, kenakan topi ketika keluar, gunakan kacamata hitam untuk mengurangi efek terang sinar matahari. Hal ini dapat menghindari dehidrasi dan sakit kepala.

 

HINDARI aktivitas olah raga yang berlebihan. Hindari olah raga yang berlebihan itensitasnya terutama pada jam 16.00 dan 17.30 pada saat tubuh kita sangat membutuhkan cairan.

 

HINDARI makanan yang berminyak dan terlalu pedas. Hal ini menjadi kesalahan yang paling umum yang sering kita jumpai. Jenis makanan ini tinggi akan kolestrol dan memberikan kita rasa lapar dan ingin terus memakannya. Kurangi asupan akan kafein dan berhenti merokok juga menjadi keuntungan bagi tubuh kita. Berikan asupan yang benar untuk tubuh kita dan jaga diet sehat yang seimbang.